Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict, Observed, and Explain) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Fisika Siswa

Authors

  • Putri Annisa Cahyarani Universitas PGRI Silampari
  • Ahmad Amin Universitas PGRI Silampari
  • Ovilia Putri Utami Gumay Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Model POE, dengan struktur prediksi awal, observasi langsung, dan penjelasan mendalam, dirancang untuk mengaktifkan keterlibatan kognitif dan afektif siswa. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain yang melibatkan observasi kelas, penyebaran angket motivasi belajar, dan wawancara untuk mengukur dampak penerapan model POE. Data dianalisis untuk melihat perubahan tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model POE berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika, yang terlihat dari peningkatan skor angket motivasi dan respons positif siswa selama pembelajaran. Temuan ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran POE merupakan strategi yang efektif untuk mendorong motivasi belajar siswa, sehingga berpotensi meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman konsep fisika secara lebih mendalam.

Downloads

Published

2025-07-16