Systematic Literature Review :Pembelajaran Matematika Berbasis Konteks Wisata Lokal untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini Studi ini mengadopsi pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi penelitian-penelitian yang relevan mengenai implementasi pembelajaran matematika berbasis konteks wisata lokal dan dampaknya terhadap minat belajar siswa. Proses pencarian data dilakukan melalui Google Scholar dan Publish or Perish dengan kata kunci "Konteks wisata lokal" dan "meningkatkan minat belajar", menghasilkan 10 artikel jurnal yang relevan. Berdasarkan kajian dari 10 artikel yang ditelusuri dan disaring melalui kriteria inklusi dan eksklusi serta penilaian kualitas, ditemukan 4 artikel hasil penelitian yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan konteks nyata, teknologi interaktif, dan budaya lokal, serta melibatkan siswa secara aktif dan membangkitkan minat mereka, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penerapan model seperti Problem Based Learning (PBL) dengan konteks wisata lokal, penggunaan media digital, dan bahan ajar kontekstual sangat direkomendasikan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika. Dengan demikian, mengaitkan materi matematika dengan konteks wisata lokal dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, dan bermakna, membantu siswa memahami konsep dan penerapannya dalam kehidupan nyata, sehingga hasil belajar matematika dapat meningkat.