Pemanfaatan Media Digital dalam Membangun Literasi Lingkungan: Perspektif Mahasiswa dan Dosen

Authors

  • Linna Fitriani Universitas PGRI Silampari
  • Ria Dwi Jayati Universitas PGRI Silampari
  • Annisa Azzahrah Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Media Digital, Literasi Lingkungan, Mahasiswa, Dosen, Pendidikan Tinggi

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, termasuk dalam pendidikan literasi lingkungan. Pemanfaatan media digital menjadi salah satu strategi penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan lingkungan di kalangan sivitas akademika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa dan dosen terhadap penggunaan media digital dalam membangun literasi lingkungan di lingkungan pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literature review. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dari jurnal nasional yang terkait penelitian khusunya pada program studi biologi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola penggunaan media digital dalam konteks literasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital seperti video edukatif, platform pembelajaran daring, dan media sosial telah dimanfaatkan secara aktif oleh mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan pemahaman tentang isu-isu lingkungan. Namun, efektivitasnya sangat bergantung pada kreativitas pengajar dan tingkat partisipasi mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media digital berperan penting dalam mendukung pembelajaran literasi lingkungan yang lebih interaktif dan kontekstual. Temuan ini memiliki implikasi terhadap pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran berbasis teknologi dalam pendidikan tinggi.

Downloads

Published

2025-07-16