Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Sel Kelas XI

Authors

  • Siti Herlisa Octavia Universitas Indraprasta PGRI
  • Efri Gresinta Universitas Indraprasta PGRI
  • Ghina Annisa Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Make a Match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA Bina Bangsa Mandiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu true experimental design dalam bentuk posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah yang sama yaitu 30 siswa setiap kelasnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perhitungan uji persyaratan analisis dalam uji normalitas menggunakan uji liliefors, didapatkan hasil untuk kelas eksperimen yaitu data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Sehingga, dari perhitungan uji normalitas ini didapatkan kedua kelompok data berdistribusi normal. Lalu dalam uji homogenitas menggunakan uji F, didapatkan hasil yaitu kedua kelompok data memiliki variansi yang homogen. Dan pada uji yang terakhir yaitu uji hipotesis menggunakan uji t untuk dua kelompok data dari dua kelompok sampel dalam satu waktu, didapatkan hasil yaitu nilai thitung (5,773) > ttabel (1,671), maka tolak H0 dan terima H1. Artinya kelompok eksperimen dengan metode pembelajaran Make a Match lebih baik daripada kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional

Downloads

Published

2025-07-16