Analisis Validitas Instrumen Tes Hasil Belajar Fisika dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5e pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau

Authors

  • Selvi Karlina Universitas PGRI Silampari
  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Sulistiyono

Keywords:

Hasil Belajar, Learning cycle 5e, Tata Surya, Validasi Soal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas instrumen tes hasil belajar fisika yang digunakan dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Instrumen tes hasil belajar fisika yang valid sangat penting untuk mengukur secara akurat pemahaman siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau yang telah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Learning Cycle 5E. Data dikumpulkan melalui instrumen tes hasil belajar yang telah disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi dalam kurikulum. Hasil analisis validitas isi menunjukkan bahwa instrumen memiliki kesesuaian yang tinggi dengan materi dan tujuan pembelajaran. Sementara itu, hasil analisis validitas empiris menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal dalam instrumen tes memiliki koefisien korelasi yang signifikan, menandakan instrumen tersebut valid dan layak digunakan untuk mengukur hasil belajar fisika siswa dalam konteks model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini menyimpulkan bahwa instrumen tes hasil belajar fisika yang dikembangkan memiliki validitas yang baik, sehingga dapat diandalkan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran fisika dengan model Learning Cycle 5E.

 

Downloads

Published

2025-07-16