Efektivitas LKPD Berbasis Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Vlll SMP

Authors

  • Isnain Jannah Universitas PGRI Silampari
  • Ovilia Putri Utami Gumay Universitas PGRI Silampari
  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas LKPD Berbasis Discovery Learning.  terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Subjek penelitian adalah siswa guru yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui observasi untuk menilai partisipasi, pemahaman konsep, dan respons siswa terhadap proses pembelajaran. Model Discovery Learning dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi, investigasi, dan pemecahan masalah dengan bimbingan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini meningkatkan, Hasil Belajar dan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, model Discovery Learning.  terbukti efektif dan dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran fisika tingkat menengah.

Downloads

Published

2025-07-16