Peningkatan Pamahaman Konsep Siswa Setelah Menggunakan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan modul fisika berbasis problem based learning (PBL). Modul ini dikembangkan melalui metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Modul ini dikembangkan sebagai upaya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan berpusat kepada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 05 Kota Lubuklinggau kelas XI F2 dan instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahamn konsep siswa setelah menggunakan modul fisika berbasis problem based leraning. Modul yang dikembangkan mampu meningkatkan keterlibatkan aktif siswa dalam proses pembelajaran serta membantu mereka dalam menghubungkan konsep fisika dengan permasalahan nyata sehingga siswa menjadi lebih memahami konsep fisika secara lebih mendalam. Metode 4D terbukti secara efektif dalam menghasilkan modul yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan modul fisika berbasis problem based learning dengan metode 4D efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan dapat dijadikan alternatif dalam pengembangan bahan ajar yang lebih berinovasi.