Peningkatan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) Pada Permainan Tebak Gambar dengan Wordwall Materi Tata Surya

Authors

  • Nurul Latifah Universitas PGRI Silampari
  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
  • Yaspin Yolanda Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Lubuklinggau dalam materi Tata Surya. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau dengan sampel jumlah siswa sebanyak 34 orang, Populasi di penelitian ini yakni peserta didik SMPN 5 Model Lubuklinggau ajaran 2024/2025 mencakup 7 kelas dengan jumlah 210 peserta didik.  Teknik pengambilan sampel yakni sampling dengan cara acak/simpe random. Pengambilan sampel ini dilangsungkan dengan memilih kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau yaitu terdiri atas 7 kelas. Pengambilan sampel kelas dengan alasan supaya tidak mengganggu proses pembelajaran peserta didik disekolah. Strateginya adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media digital berupa permainan tebak gambar diplatfrom Wordwall. Penelitian menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen yang dipakai berupa 25 butir soal pilihan ganda, yang telah melalui proses validasi oleh 27 siswa dikelas VIII. Dari hasil validasi tersebut, 12 soal dinyatakan valid dan 13 soal tidak valid. Saat ini penelitian masih berada pada tahap validasi instrument, sehingga belum tersedia data hasil belajar (pretest-posttest). Hasil validasi menunjukkan bahwa instrument sudah siap digunakan dalam tahap berikutnya untuk mengukur efektivitas penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis permainan digital terhadap peningkatan hasil belajar fisika.

Downloads

Published

2025-07-16