Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Keterampilan Komunikasi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) karakteristik modul fisika berbasis CTL, (2)
kelayakan modul fisika berbasis CTL, (3) efektifitas modul fisika berbasis CTL untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan model 4D dengan tahapan pendefinisian (defind), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Berdasarkan validasi kelayakan isi, penyajian, dan bahasa modul kemudian di revisiĀ dan di implementasikan di kelas XI IPA 1. Data keterampilan pemecahan masalah siswa dianalisis dengan soal pretest-posttest menggunakan rumus n-gain, sedangkan keterampilan komunikasi siswa dianalisis dengan lembar observasi menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian yaitu (1) modul fisika berbasis CTL dikembangkan dengan menggunakan model 4-D dengan tujuh karakteristik pembelajaran CTL yaitu kontuktivisme, menemukan, bertanya, komunitas belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya, (2) Hasil validasi kelayakan materi, penyajian dan bahasa oleh dosen, guru dan peer review disimpulkan modul berkategori sangat baik sehingga modul fisika berbasis CTL layak, (3) modul fisika berbasis CTL dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi siswa.