System Literature Review: LKS Berbasis Problem Based Leraning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP
Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SMP. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas, kualitas, dan dampak penggunaan LKS berbasis PBL melalui Systematic Literature Review (SLR) terhadap 11 artikel yang dipublikasikan antara 2018 hingga 2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa LKS berbasis PBL umumnya memiliki tingkat validitas sangat tinggi dan dinyatakan praktis digunakan di kelas. Penggunaan LKS berbasis PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, serta kesadaran metakognitif siswa. Selain itu, integrasi media pembelajaran seperti GeoGebra dalam LKS turut meningkatkan motivasi, partisipasi, dan interaksi aktif siswa selama proses pembelajaran. Kajian ini juga menemukan bahwa penerapan LKS berbasis PBL memberikan dampak positif pada aspek sosial-afektif, seperti keterlibatan diskusi kelompok, kerja sama, dan komunikasi antar siswa. Secara keseluruhan, LKS berbasis PBL efektif mendukung pembelajaran aktif, bermakna, serta selaras dengan tuntutan Kurikulum Merdeka dan pengembangan keterampilan abad 21.