Systematic Literature Review : Penerapan Pendekatan PMRI Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Review ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkannya pendekatan matematika realistik indonesia (PMRI) berbantuan geogebra.Metode yang digunakan adalah systematic literatur review (SLR) dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel yang relevan dari berbagai sumber.Hasil review menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI yang didukung oleh geogebra secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.Penerapan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran, tetapi juga membantu mereka berpartisipasi lebih aktif dalam diskusi dan kegiatan pembelajaran.Selain itu, penggunaan geogebra sebagai alat bantu visualisasi memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan analitis, serta memahami hubungan antara konsep matematika dengan lebih jelas.Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan PMRI yang menekankan konteks nyata dalam pembelajaran matematika membuat materi lebih relevan dan mudah dipahami, sehingga meningkatkan minat peserta didik terhadap matematika disarankan agar guru matematika mempertimbangkan penggunaan pendekatan PMRI dan alat bantu seperti geogebra dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik.