Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
LKPD, Etnomatematika, Pembelajaran MatematikaAbstract
Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengkaji dan merangkum beberapa artikel yang membahas tentang etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran matematika serta menganalisis efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: menentukan tema, menentukan pertanyaan, melakukan picarian artikel rujukan, menentukan kriteria inklusi, penilaian kualitas artikel, dan analisis data. Kajian dilakukan dengan menelusuri artikel ilmiah pada rentang tahun 2020–2025 yang relevan dengan tema LKPD, etnomatematika, dan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil review terhadap 10 artikel yang relevan, ditemukan bahwa unsur etnomatematika yang digunakan meliputi objek budaya lokal seperti jajanan pasar, motif batik, pasar terapung, rumah adat, dan makanan tradisional. Unsur-unsur tersebut digunakan sebagai konteks pembelajaran untuk materi matematika seperti bangun ruang, aritmetika sosial, SPLDV, transformasi, dan geometri datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis etnomatematika secara konsisten dinyatakan valid dan praktis berdasarkan uji ahli dan tanggapan peserta didik.