Pengembangan Instrumen Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah rasa percaya diri yang ada pada diri siswa sehingga menimbulkan rasa yakin terhadap kemampuannya. Rasa percaya diri akan memperkuat motivasi untuk meraih keberhasilan, karena semakin tinggi keyakinan terhadap kemampuan diri maka semakin kuat pula semangat untuk menyelesaikan pekerjaan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan instrumen yang dapat mengukur rasa percaya diri siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen rasa percaya diri dalam memecahkan masalah matematika siswa yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), dengan penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis produk, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun ajaran 2022–2023 yang berjumlah 68 orang. Instrumen rasa percaya diri dalam memecahkan masalah matematika berupa angket dengan menggunakan skala likert dengan 45 butir pernyataan. Berdasarkan hasil validasi ketiga validator angket rasa percaya diri dalam memecahkan masalah diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,367 yang termasuk dalam kategori valid. Hasil analisis data untuk menguji validitas butir soal diperoleh bahwa 45 butir soal yang telah diujicobakan kepada siswa secara keseluruhan memiliki nilai valid. Nilai korelasi r terendah terdapat pada butir soal nomor 2 dengan nilai sebesar 0,394 dan nilai korelasi terbesar terdapat pada butir soal nomor 40 sebesar 0,740. Sementara itu dari hasil uji reliabilitas diperoleh nilai cronbach’s alpha untuk instrumen sebesar 0,955. Angka tersebut menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen tergolong tinggi.