Systematic Literature Review: Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembalajaran Matematika

Authors

  • Greis Helda Adora
  • Viktor Pandra
  • Sukasno

Abstract

Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengkaji dan merangkum berbagai artikel, termasuk jurnal nasional maupun jurnal internasional, yang membahas tentang bahan ajar berbasis etnomatematika yang efektif dalam pembelajaran matematika. Fokus kajian ini adalah materi terkait konsep matematika yang dikaitkan dengan warisan budaya lokal. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) yang meliputi enam tahapan, yaitu: Research Question, Selection Criteria, Search Strategy, Select Studies, The Quality of Studies, dan Synthesis Result. Artikel yang direview berjumlah 10 artikel yang relevan dan diterbitkan dari tahun 2020 hingga tahun 2025. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), modul, video dan buku berbasis etnomatematika efektif digunakan karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa, pemahaman konsep matematika dan memotivasi belajar siswa, serta dapat melestarikan warisan budaya lokal. Selain itu, penerapan bahan ajar berbasis etnomatematika juga berkontribusi pada peningkatan keaktifan siswa dalam belajar, dan pelestarian nilai budaya dalam pembelajaran matematika

 

Downloads

Published

2025-07-16