Systematic Literature Review: Desain Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Pengembangan komik matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran, karena mampu mengaitkan konsep matematika yang abstrak dengan konteks kehidupan nyata, serta meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan kemampuan matematis siswa melalui media visual yang menarik dan berbasis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji rancangan dan pengembangan komik matematika berbasis PBL dalam pembelajaran matematika. Pendekatan PBL diterapkan untuk mendorong pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa secara kontekstual. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) dengan menelaah literatur terkait pengembangan media komik dan PBL dari tahun 2016 hingga 2025, dengan kriteria inklusi dan ekslusi terkumpul 10 jurnal yang relevan untuk dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik matematika berbasis PBL efektif dalam meningkatkan minat belajar, motivasi, dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Implementasi media ini diharapkan dapat memperkaya inovasi pembelajaran matematika dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di berbagai jenjang.