System Literature Review: Etnomatematika dalam Seni Budaya pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Pembelajaran matematika berbasis budaya merupakan strategi kontekstual yang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep matematika sekaligus memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini mengkaji pentingnya integrasi etnomatematika dalam seni budaya sebagai sarana pembelajaran yang menyeluruh. Kajian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis konsep matematika, representasi, serta nilai budaya dalam seni budaya lokal melalui pendekatan etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan systematic literature review (SLR) terhadap 15 artikel dan jurnal terbitan 2020–2025 yang relevan. Data dikumpulkan melalui telaah dokumen ilmiah dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep etnomatematika muncul dalam arsitektur rumah adat, tarian tradisional, dan artefak melalui penerapan bentuk geometri dan simetri; (2) representasi matematika terlihat dalam motif batik, anyaman, ukiran, serta lagu dolanan Jawa yang mencakup pola bilangan, transformasi geometri, dan simetri; (3) nilai budaya seperti kebersamaan, keharmonisan, dan keseimbangan tercermin dalam struktur matematika pada karya budaya. penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika secara kontekstual dan mempererat keterkaitan peserta didik dengan budaya lokal. Pendekatan ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran alternatif dalam kurikulum matematika yang mendorong keterampilan berpikir kritis, reflektif, dan berbasis budaya.