Systematic Literature Review: Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Wulandari Ramadani Universitas PGRI Silampari
  • As Elly Universitas PGRI Silampari
  • Rani Refianti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Pemilihan artikel dalam kajian ini didasarkan pada relevansi artikel-artikel terhadap tujuan penelitian, yaitu meningkatkan minat, motivasi, dan dampak dari media pembelajaran berbasis game terhadap pembelajaran matematika. Kajian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) guna menganalisis secara mendalam kontribusi media pembelajran interaktif berbasis game dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika. Meskipun ditemukan banyak artikel terkait, kajian ini difokuskan pada 10 artikel yang paling relevan dan secara khusus membahas efektifitas media game dalam konteks pembelajaran Matematika. Permasalahan yang umum ditemukan dalam pembelajaran matematika, seperti sifat materi yang sulit dan sistematik, dan proses pembelajaran yang cenderung monoton, seringkali menyebabkan rendahnya minat dan motivasi siswa. Dengan melakukan analisis terhadap 10 artikel yang relevan, diketahui bahwa media game secara efisien dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dengan menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan inovatif, serta mengurangi tingkat kebosanan dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Selain itu media pembelajaran game juga bertampak penting dalam pemahaman konsep matematika yang sulit dengan memberikan pendekatan yang interaktif. Hasil SLR ini menunjukkan potensi yang signifikat pemanfaatan media game dalam meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran matematika secara menyeluruh.

Downloads

Published

2025-07-16