Penggunaan LKPD Berbasis PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP

Authors

  • Cherin Anggraini
  • As Elly
  • Yufitri Yanto

Keywords:

LKPD, PMRI, pemahaman konsep, matematika, systematic literature review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel ilmiah yang relevan dari berbagai sumber publikasi nasional selama kurun waktu lima tahun terakhir. Kriteria inklusi mencakup artikel yang membahas LKPD berbasis PMRI pada jenjang SMP dengan indikator peningkatan pemahaman konsep matematika. Hasil review menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis PMRI secara konsisten dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui pendekatan kontekstual yang melibatkan permasalahan nyata, aktivitas siswa yang aktif, dan keterkaitan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, PMRI juga mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis dan reflektif siswa. Dengan demikian, LKPD berbasis PMRI direkomendasikan sebagai alternatif bahan ajar yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP.

Downloads

Published

2025-07-16