Systematic Literature Riview: Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Media Pembelajaran Matematika
Abstract
Kajian ini bertujuan menyintesis temuan empiris terkait penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran dengan metode yang di gunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR). Analisis dilakukan terhadap 20 artikel dari jurnal terindeks SINTA (2019–2025), yang mencakup jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Hasil telaah menunjukkan bahwa Canva, dengan fitur visual seperti infografis dan animasi, efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika, komunikasi matematis, dan motivasi belajar siswa. Selain mendorong capaian akademik, media ini juga memperkuat aspek non-kognitif, seperti partisipasi aktif dan kreativitas dalam pembelajaran.Temuan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi kreatif dalam pembelajaran matematika sejalan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21. Oleh karena itu, pengembangan lebih lanjut melalui kebijakan pendidikan dan inovasi kurikulum digital sangat disarankan guna mendukung penggunaan media yang lebih adaptif dan menarik dalam kelas.