Systematic Literature Review : Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Menyelesaikan Soal-Soal Peluang dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika
Abstract
Pembelajaran Discovery Learning merupakan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru secara aktif melalui proses penyelidikan, pengamatan dan pemecahan masalah. Pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pemelajaran discovery learning pada materi peluang merupakan objek dari penelitian yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), melalui tiga tahap yaitu perencanaan: mengidentifikasi dan menetapkan sumber (Google Scholar), melakukan review: menyeleksi studi dan ekstraksi data (ditemukan 11 artikel yang relevan), dan langkah terakhir melaporkan yaitu merangkum hasil temuan kemudian menyajikan hasil. Tinjauan literatur dilakukan untuk mengidentifikasi pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal peluang menggunakan pendekatan etnomatematika. Artikel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 11 artikel nasional yang diperoleh dari database Google Scholar. Hasil menunjukan bahwa pembelajaran peluang menggunakkan metode Discovery Learning berbasis etnomatematika dapat membantu siswa memahami materi peluang dengan lebih mudah melalui keterkaitan antara konsep-konsep matematika yang berhubungan dengan budaya lokal. Penelitian lanjutan masi diperlukan, mengingat penelitian ini bersifat studi literatur, maka untuk memperkuat temuan, disarankan agar penelitian selanjutnya melibatkan studi lapangan, seperti eksperimen kelas atau studi tindakan.