Analisis Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Model Kooperatif Team Game Tournament Berbantuan E-Game

Authors

  • Rasna Puspita Sari
  • Drajat Friansah
  • Khathibul Umam Zaid Nugroho

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) berbantuan media game edukatif (E-Game) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan teknik analisis PICOC (Population, Intervention, Comparison, Outcome, Context) serta menggunakan protokol PRISMA dalam proses seleksi artikel. Sumber artikel diperoleh dari Google Scholar dan Scopus, dengan rentang publikasi tahun 2021–2025. Dari total 1000 artikel yang ditelusuri, dilakukan penyaringan hingga diperoleh 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan relevan dengan topik kajian. Hasil analisis menunjukkan bahwa model TGT secara konsisten memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Efektivitas TGT semakin meningkat saat dikombinasikan dengan media edukatif seperti Math Quiz, Rainbow Mathematics Card (RMC), Wordwall, Crossword Puzzle, Flashcard, dan Snake and Ladders Carpet. Game edukatif tersebut terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kolaboratif, kompetitif, menyenangkan, serta meningkatkan aktivitas, motivasi, dan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, TGT berbasis game edukatif sangat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika.

 

Downloads

Published

2025-07-16