Systematic Literature Review:Penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan koneksi matematika

Authors

  • Ranti
  • Yufitri Yanto
  • Maria Luthfiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis pengaruh penerapan pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada kemampuan koneksi matematika siswa.Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep-konsep matematika dengan satu sama lain.Dalam kemampuan koneksi matematika mencakupĀ  berbagaiĀ  hubungan antar konsep matematika,penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari,aplikasi dalam kehidupan nyata,serta hubungan dengan disiplin ilmu lain.Pendekatan PBL mendorong siswa untuk menyelesaikan masalah kontekstual melalui kerja mandiri maupun kolaboratif,sehingga dapat memperkuat pemahaman konseptual dan dapat meningkatkan relevansi pembelajaran siswa.kajian ini melibatkan 10 artikel relavan yang diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dari total 20 artikel yang telah dianalisis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PBL secara konsisten menunjukkan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa pada berbagai tingkat pendidikan.Untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa di berbagai tingkat pendidikan.Maka dari itu,Problem-Based Learning (PBL) direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif untuk diterapkan dalamĀ  meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2025-07-16