Systematic Literature Review : Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Problem Based Learning

Authors

  • Eva Nuryanti
  • Dodik Mulyono
  • Sukasno

Abstract

Penelitian ini merupakan tinjauan sistematis yang mengeksplorasi efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kemampuan berpikir kritis dalam matematika adalah keterampilan krusial di era kontemporer, esensial untuk memahami konsep matematika yang rumit dan vital dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari.Meskipun berbagai studi menunjukkan hubungan erat antara penguasaan konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis, observasi di lapanganmengindikasikan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih memerlukan peningkatan. Kondisi ini mendorong pendidik untuk mencari model pembelajaran yang efektif, dengan PBL menjadi salah satu pendekatan yang banyak diteliti dan dinilai berpotensi. PBL menjadikan permasalahan dunia nyata sebagai titik awal pembelajaran, mendorong siswa untuk aktif mencari solusi, berkolaborasi, dan mengembangkan pemikiran kritis mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasikan penelitian relevan mengenai penerapan PBL untuk meningkatkan kemampuanberpikir kritis matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa PBL secara konsisten dan signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada berbagai jenjang pendidikan.

Downloads

Published

2025-07-16