Systematic Literature Review : Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Matematika
Abstract
Model Problem Based Learning (PBL) dikenal mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk mendukung efektivitasnya, video pembelajaran digunakan sebagai media pemantik yang menyajikan masalah kontekstual secara menarik. Studi ini bertujuan untuk mengkaji penerapan PBL berbantuan video dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 10 artikel dari jurnal nasional terakreditasi SINTA yang terbit antara 20162025 dianalisis. Hasil kajian menunjukkan bahwa video digunakan sebagai pemicu diskusi dan eksplorasi, dilanjutkan dengan penyelesaian masalah melalui kerja kelompok, presentasi, serta refleksi. Instrumen pembelajaran yang digunakan antara lain tes tertulis, lembar observasi, LKPD, dan angket. Secara umum, model ini efektif diterapkan di berbagai jenjang pendidikan, baik secara daring maupun tatap muka. Video berperan penting dalam memperjelas konsep, mengurangi beban kognitif, dan meningkatkan keaktifan serta berpikir kritis siswa. Temuan ini mendukung bahwa integrasi video dalam PBL bukan sekadar alat bantu, tetapi komponen utama yang memperkaya proses belajar matematika secara kontekstual dan menyenangkan. Oleh karena itu, penerapan PBL berbantuan video sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.