Systematic Literature Review: Efektivitas Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Media Digital Quizizz dalam Konteks Pembelajaran Berbasis Wisata
Keywords:
Systematic Literature Review, Efektivitas Pembelajaran, Quizizz , Pembelajaran Matematika , Pembelajaran Berbasis WisataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Inovasi media pembelajaran digital Quizizz dalam pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan konteks wisata. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika konvensional. Pendekatan yang digunakan melibatkan penerapan Quizizz sebagai media interaktif berbasis permainan dengan materi yang relevan terhadap konteks wisata untuk meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai studi terdahulu yang membahas penggunaan Quizizz dalam pembelajaran matematika dan kaitannya dengan konteks wisata. Data yang dianalisis meliputi hasil belajar dan motivasi siswa dari berbagai penelitian untuk mengukur pengaruh penggunaan media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar matematika siswa. Simpulan yang diperoleh menyatakan bahwa inovasi pembelajaran melalui media Quizizz dalam konteks wisata efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk mengintegrasikan media pembelajaran digital yang kontekstual dan interaktif dalam proses pembelajaran.