Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal: Studi Literatur Pada Implementasi Di Daerah wisata

Authors

  • Suci Artiah Universitas PGRI Silampari
  • Idul Adha Universitas PGRI Silampari
  • Anna Fauziah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai studi literatur terkait implementasikan pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal di daerah wisata melalui metode (Systematic Literature Review) SLR. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kontekstualisasi pembelajaran matematika agar lebih relavan dan bermakna bagi peserta didik, khususnya di wilayah yang kaya akan budaya dan potensi lokal. Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menganalisis secara sistematis artikel-artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025 dari google scholar. Hasil kajian menunjukan bahwa integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran matematika di daerah wisata dapat meningkatkan ketertiban siswa, memperkuat pemahaman konsep matematika secara kontekstual, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal. Meskipun demikian, implementasi di lapangan masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, kekurangan pelatihan guru, dan kebutuhan akan pengembangan media pembelajaran yang sesuai. Studi ini merekomendasikan perlunya pengembangan model pembelajaran berbasis kearifan lokal yang terstuktur serta pelatihan bagi pendidik agar pendekatan ini dapat diterapkan secara optimal di daerah wisata.

 

Downloads

Published

2025-07-16