Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Konteks Taman Olahraga Megang

Authors

  • Elia Firiani
  • Sukasno
  • Drajat Friansah

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ini masih tergolong rendah karena pembelajaran masih didominasi oleh metode konvensional, yang cenderung membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan penerapan model pembelajaran yang lebih aktif, di mana siswa berperan sebagai subjek utama dalam pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 8 Lubuklinggau setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Lubuklinggau tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 224 siswa dan sebagai sampel adalah siswa kelas VII F sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes bentuk uraian seanyak 4 soal. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Lubuklinggau setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share secara signifikan tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 78%.

Downloads

Published

2025-07-16