Systematic Literature Review : Analisis Pengunaan Model Pembelajaran TGT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Aldi Saputra
  • Sukasno
  • Khathibul Umam Zaid Nugroho

Abstract

 

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan metode studi pustaka sistematis (Systematic Literature Review/SLR), dengan menganalisis 30 artikel dari jurnal nasional dan internasional yang relevan, diterbitkan pada rentang tahun 2019 hingga 2025. Artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang disusun dengan pendekatan PICOC. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian besar penelitian menyimpulkan model pembelajaran TGT memberikan pengaruh positif siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis, khususnya model pembelajaran matematika. Model TGT terbukti dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, kolaboratif, dan kompetitif, sehingga mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah. Efektivitas model ini semakin meningkat ketika dipadukan dengan media pembelajaran inovatif seperti Wordwall dan Quecapas. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual bagi pendidik dan peneliti dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, serta menyiapkan siswa menghadapi tantangan abad ke-21 yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi.

 

Downloads

Published

2025-07-16