Permainan Tradisional Engklek dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Heti Sanjaya Universitas PGRI Silampari
  • Dona Ningrum Mawardi Universitas PGRI Silampari
  • Khathibul Umam Zaid Nugroho

Abstract

Artikel ini menyajikan refleksi literatur sistematis mengenai peran permainan tradisional Engklek dalam pembelajaran matematika, dengan fokus pada konsep-konsep matematika yang terdapat di dalam permainan tradisional engklek. Dimana Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Engklek dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual yang mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam proses belajar mengajar. Menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dan kerangka PICOC (Population, Intervention, Comparison, Outcome, Context), analisis terhadap berbagai kajian yang relevan menunjukkan bahwa penggunaan Engklek dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pemebelajaran matematika, serta memperdalam pemahaman mereka tentang konsep geometri, seperti sudut, garis,keurutan bilangan, serta bentuk dan konsep matematika lainnya. Selain itu, permainan ini berfungsi untuk melestarikan nilai-nilai budaya lokal dan mendukung pengembangan keterampilan sosial serta kerja sama di dalam kelas. Hasil refleksi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik dan pengembang kurikulum dalam merancang metode pembelajaran yang lebih integratif, relevan, dan efektif bagi siswa dari berbagai latar belakang budaya.

Downloads

Published

2025-07-16