Kearifan Lokal Pada Nasi Tumpeng dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Olivia Universitas PGRI Silampari
  • Dona Ningrum Mawardi Universitas PGRI Silampari
  • Khathibul Umam Zaid Nugroho Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Kearifan lokal, Nasi Tumpeng, Pembelajaran Matematika, Etnomatematika

Abstract

Kajian dalam artikel ini terkait dengan kearifan lokal pada nasi tumpeng dalam pembelajaran matematika. Kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak membuat siswa kehilangan minat belajar. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal nasi tumpeng terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PICOC (Population, Intervention, Comparison, Outcome, Context). Proses seleksi dilakukan terhadap 40 artikel yang diterbitkan dari tahun 2018-2025, dan setelah melalui tahapan inklusi dan eksklusi terpilih 21 artikel yang relevan dan memenuhi kriteria. Hasil kajian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis budaya lokal seperti modul, LKPD, video pembelajaran, hingga praktik langsung terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Pendekatan ini juga mampu memperkuat kolaborasi antara Guru dan Siswa serta menanamkan nilai-nilai budaya pada masyarakat dalam proses pembelajaran matematika. Secara keseluruhan, integrasi kearifan lokal seperti nasi tumpeng dalam pembelajaran matematika mampu menciptakan proses belajar yang lebih bermakna, menyenangkan, dan relevan terhadap kehidupan sehari-hari siswa.

Downloads

Published

2025-07-16