Systematic Literature Review: Penggunaan LKPD Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Akhyumita Dea Suniar Universitas PGRI Silampari
  • Maria Luthfiana Universitas PGRI Silampari
  • Rani Refianti Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Systematic Literature Riview, LKPD, Geogebra, dan Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam matematika masih menjadi permasalahan utama dalam dunia pendidikan. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terintegrasi dengan teknologi seperti Geogebra. Artikel ini bertujuan untuk menelaah efektivitas penggunaan LKPD berbantuan Geogebra dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan 1) Research Question; 2) Selection Criteria; 3) Search Strategy; 4) Select Studies; 5) The Quality Of Studiest; 6) Synthesis Result. Artikel diperoleh dari database Google Scholar, SINTA, dan Garuda dengan rentang tahun 2020– 2025. Dari 30 artikel yang ditemukan, 10 artikel terpilih untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbantuan Geogebra mampu meningkatkan hasil belajar, mendorong keterlibatan aktif, dan memfasilitasi pemahaman konsep matematika secara visual dan kontekstual. Integrasi ini juga efektif dalam mendukung model pembelajaran aktif seperti Problem Based Learning dan Discovery Learning. Dengan demikian, LKPD berbantuan Geogebra layak diterapkan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan relevan di era digital.

Downloads

Published

2025-07-16