SLR: Model Jigsaw Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Penelitian ini merupakan studi Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan mengevaluasi implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadukan dengan pendekatan etnomatematika terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP. Kajian ini berfokus pada tiga aspek utama, yakni: (1) jenis konten matematika yang diajarkan, (2) dampak pendekatan etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik, dan (3) elemen budaya lokal yang dapat diintegrasikan ke dalam model pembelajaran Jigsaw. Sebanyak 14 artikel yang relevan dan telah dipublikasikan dalam rentang waktu tertentu dianalisis menggunakan pendekatan sintesis tematik. Hasil analisis menunjukkan bahwa topik matematika yang dominan meliputi bangun ruang seperti kubus, balok, limas, dan prisma, yang dikontekstualisasikan melalui warisan budaya lokal seperti bentuk rumah adat, desain masjid, dan motif ornamen tradisional. Pendekatan etnomatematika terbukti mampu memperkuat pemahaman konseptual siswa serta meningkatkan keterampilan kolaboratif melalui kegiatan belajar kelompok. Elemen-elemen budaya seperti struktur atap, tiang penyangga, dan bentuk bangunan tradisional dimanfaatkan secara efektif sebagai media pembelajaran yang relevan dan bermakna. Studi ini menyarankan pengembangan model pembelajaran berbasis budaya sebagai strategi pendukung dalam penerapan Kurikulum Merdeka.