Systematic Literature Review: Penggunaan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Intan Indah Sari Universitas PGRI Silampari
  • As Elly Universitas PGRI Silampari
  • Nur Fitriyana Universitas PGRI Silampari

Abstract

Matematika adalah pendidikan penting untuk pengembangan keterampilan berpikir logis dan analitik, tetapi banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep mereka. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan e-lkpd yang berfokus pada dua pertanyaan kunci, berdasarkan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam pembelajaran matematika. Pertama-tama, penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis masalah kontekstual yang secara efektif digunakan dalam pembelajaran berbasis PBL. Masalah konteks yang berkaitan dengan kehidupan sehari -hari, budaya lokal, dan proyek aktual dengan jelas meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika. Kedua, dalam penelitian ini, penggunaan E-LKPD berbasis PBL meneliti partisipasi siswa dan hasil pembelajaran. Metode SLR (Systematic Literature Review) digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan penelitian dalam artikel ini terkait dengan E-LKPD berbasis PBL dalam matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis PBL memiliki efek positif, meningkatkan interaksi pendidikan, dan proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. E-LKPD yang dikembangkan telah terbukti efektif, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah dan kemampuan matematika. Oleh karena itu, integrasi E-LKPD dan PBL diharapkan menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di berbagai tingkat pendidikan.

Downloads

Published

2025-07-16