Systematic Literature Riview: Konteks Etnomatematika dalam Pembelajaran PMRI

Authors

  • Sauli Kaidah Universitas PGRI Silampari
  • Anna Fauziah Universitas PGRI Silampari
  • Dona Ningrum Mawardi Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Etnomatematika, PMRI, Budaya Lokal

Abstract

Kajian dalam artikel ini terkait itu dengan budaya lokal (Etnomatematika) dalam pembelajaran PMRI. tujuan dari artikel ini mengkaji bagaimana penerapan konteks etnomatematika—yang berakar dari budaya lokal—dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Rumusan masalah yang diangkat dalam kajian ini adalah bagaimana konteks etnomatematika dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran matematika berbasis PMRI, serta bagaimana dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan langkah-langkah yang mencakup perumusan pertanyaan penelitian, pencarian artikel melalui Google Scholar dan Publish or Perish, seleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, serta sintesis hasil. Dari 30 artikel yang ditelusuri, terpilih 11 artikel paling relevan dari tahun 2018–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI  yang berbasis  budaya lokal (etnomatematika) mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah siswa dan komunikasi matematis siswa. Kesimpulan dari kajian ini adalah bahwa penggunaan etnomatematika dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Sebagai saran, guru diharapkan dapat lebih kreatif dalam menggali budaya lokal sebagai sumber belajar, dan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan model atau media pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika sesuai karakteristik daerah masing-masing.

Downloads

Published

2025-07-16