Systematic Literature Review: Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Segitiga
Keywords:
Systematic Literature Review, PMRI, Pemahaman Konsep, Materi Segitiga, Pendidikan MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi segitiga. Melalui tinjauan literatur sistematis, dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). melalui enam tahapan yaitu a) research question, b) selection criteria, c) search strategy, d) select studies e) the quality of studies, f) synthesis result. Penelitian ini memperoleh dua belas artikel dan Sembilan artikel yang dianalisis hasil dari penelitian rivew ini menunjukan bahwa (PMRI) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan dapat di jadikan alternatif dalam pembelajaran matematika yang lebih kontekstual dan bermakna. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai studi yang mengeksplorasi implementasi PMRI dalam pengajaran segitiga, serta dampaknya terhadap pemahaman konsep peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep segetiga, tetapi juga memfasilitas keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dan peneliti dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks Pendidikan matematika Indonesia.