Systematic Literature Review: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Peluang melalui Pendekatan Kontekstual

Authors

  • Mey Line Saputri Universitas PGRI Silampari
  • Yufitri Yanto Universitas PGRI Silampari
  • Khathibul Umam Zaid Nugroho Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Koneksi Matematis, Materi Peluang, Pendekatan Kontekstual, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pembelajaran kontekstual pada materi peluang dengan kemampuan koneksi matematis siswa SMP, tren penelitian terkait, dan pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan tersebut. Keterampilan koneksi matematis penting untuk menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan seleksi menyeleksi artikel-artikel yang relevan dari database Publish or Perish dan Google Scholar. Artikel disaring menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi untuk analisis lebih mendalam. Pendekatan kontekstual terbukti membantu siswa memahami materi peluang secara nyata dan meningkatkan keterkaitan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Tren penelitian 2020–2025 menunjukkan perhatian meningkat pada koneksi matematis meskipun kemampuan siswa bervariasi. Pembelajaran kontekstual efektif meningkatkan pemahaman dan koneksi matematis siswa, khususnya dalam analisis dan penerapan konsep peluang. Namun, perlu penguatan kemampuan evaluasi dan kreativitas matematis melalui integrasi konteks nyata dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2025-07-16