Systematic Literature Review: Penggunaan Game Edukasi Berbasis Scratch dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Systematic Literature Review, Game Edukasi, Scratch, Pembelajaran MatematikaAbstract
Kemajuan teknologi digital dewasa ini telah mendorong munculnya berbagai inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran yang semakin banyak dimanfaatkan adalah Scratch, sebuah perangkat lunak pemrograman visual yang memungkinkan pengguna menciptakan game edukatif secara interaktif, menarik, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian sistematis terhadap desain dan pemanfaatan game edukasi berbasis Scratch dalam pembelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan yang tersusun dan sistematis. Penelitian ini menerapkan dua kriteria utama dalam menentukan kelayakan artikel, yakni kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga diperoleh 30 artikel terpilih yang dipublikasikan antara tahun 2020 hingga 2025. Proses identifikasi dan seleksi artikel dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja PICOC serta panduan PRISMA. Selain itu, Scratch dinilai mampu mendorong kolaborasi antar siswa dan mengembangkan kemampuan berpikir komputasional secara menyeluruh dan efektif.