Systematic Literature Review: Mengintegrasikan Teknologi Artificial Intellegence (AI) dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Devi Riskiani Universitas PGRI Silampari
  • Anna Fauziah Universitas PGRI Silampari
  • Idul Adha Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), Integrasi, Pembelajaran, Matematika

Abstract

Teknologi Artificial Intelligence (AI) telah membuat paradigma baru dalam pendidikan matematika. Penelitian ini menyajikan tinjauan literatur sistematis (Systematic Literature Review/SLR) mengenai integrasi teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review). Dalam pelaksanaan SLR ini, peneliti menggunakan protokol PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses), melalui empat tahap utama, yaitu identifikasi, penyaringan (screening), kelayakan (eligibility), dan inklusi (included). Pengumpulan data diperoleh dengan meriview artikel yang terkait pada penelitian serupa. Review dilakukan untuk mengidentifikasi peran dan tantangan dari penerapan AI dalam konteks pendidikan matematika. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 15 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database google scholar. Hasil menunjukkan bahwa AI dapat mendukung personalisasi pembelajaran, penilaian otomatis, dan interaksi belajar yang lebih dinamis. Namun, terdapat tantangan dalam hal kesiapan infrastruktur, pelatihan guru, dan etika penggunaannya.

Downloads

Published

2025-07-16