Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Keywords:
Discovery Learning, Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar, Matematika SMPAbstract
Tujuan dari kajian literatur ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar. MetodeĀ yang digunakan adala Systematic Literature Review (SLR) dengan mengkaji 10 artikel terpilih yang dipublikasikan pada rentang tahun 2020-2025. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan discovery learning secara konsisten memberikan dampak positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Model ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui eksplorasi, penemuan konsep secara mandiri, serta refleksi terhadap pengetahuan yang diperoleh. Selain itu, penggunaan media pembelajaran interaktif seperti geogebra dan PowerPoint berbasis VBA menjadi pendukung efektivitas model discovery learning ini dalam membantu siswa memvisualisasikan konsep geometri secara konkret. Temuan ini mengindikasikan bahwa discovery learning tidak hanya relevan sebagai pendekatan pembelajaran modern yang berpusat pada siswa, tetapi juga mampu menjawab tantangan dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi di era digital. Dengan demikian, discovery learning dapat menjadi alternatif strategis dalam pembelajaran matematika yang aktif dan membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam integrasi teknologi pendidikan.