Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP: Systematic Literature Review

Authors

  • Sania Zakila Universitas PGRI Silampari
  • Yufitri Yanto Universitas PGRI Silampari
  • Drajat Friansah Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Realistic Mathematics Education, Pemahaman Konsep Matematika, Siswa SMP, Systematic Literature Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) setelah diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). RME merupakan pendekatan pedagogis yang menekankan pada konteks nyata sebagai titik awal pembelajaran matematika dengan asusmsi bahwa pemahaman konsep lebih mudah dibangun ketika siswa dapat mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari. Kajian sistematis ini dilakukan melalui identifikasi, seleksi dan analisis kritis terhadap publikasi ilmiah yang relavan dalam rentang waktu 2020-2025 yang diperoleh dari basis data seperti Google scolar, Sinta, Publish or Perish. Dari hasil temuan peneliti menjelaskan bahwa pendekatan RME secara konsisten menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek pemahaman konsep matematis siswa. Temuan ini menunjukan bahwa pendekatan RME memiliki potensi sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk memfasilitasi permasalahan pemahaman konsep di tingkat SMP. Studi ini juga menyoroti pentingnya peran guru dalam perencanaan dan implementasi pembelajaran berbasis RME secara sistematis dan kontekstual.

Downloads

Published

2025-07-16