Systematic Literature Review: Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kolaboratif dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Problem Based Learning, Kolaboratif, Matematika, Hasil Belajar, Pemecahan MasalahAbstract
Review ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning berbasis kolaboratif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode Systematic Literature Review artikel-artikel yang relevan memungkinkan diidentifikasi melalui Google Scholar, SINTA dan publish or perish, dengan focus pada publikasi antara 2017 hingga 2025. Dari total 20 artikel yang ditelusuri, 10 di antaranya memenuhi kriteria dan dianalisis lebih lanjut. Temuan menunjukkan bahwa penerapan model PBL kolaboratif mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penguatan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta pemahaman konseptual dan kerja sama antar siswa. Beberapa penelitian juga mencatat adanya peningkatan nilai akademik yang cukup mencolok setelah model ini diterapkan. Namun demikian, terdapat satu studi yang menunjukkan hasil kurang optimal, yang menandakan bahwa keberhasilan implementasi sangat dipengaruhi oleh kesiapan siswa dan dukungan dari guru. Oleh sebab itu, model PBL berbasis kolaboratif layak dipertimbangkan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang inovatif dan adaptif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.