Model Pembelajaran STAD Menggunakan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Model STAD, Pendekatan EtnomatematikaAbstract
Kajian ini bertujuan untuk meninjau model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa. STAD merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam kelompok dengan kemampuan berbeda untuk berkerja sama dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan pendekatan etnomatematika yakni konsep pembelajaran matematika dengan budaya lokal siswa. Pengalaman belajar yang lebih kontekstual dapat dihasilkan dengan menggabungkan keduanya supaya proses pembelajaran lebih bermakna, dan interaktif. Strategi yang digunakan dalam kajian adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan 23 artikel ilmiah pada tahun terbit 2020 hingga 2025 yang membahas implementasi STAD dan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Maka hasil kajian menunjukan bahwa penerapan model STAD menggunakan pendekatan etnomatematika dapat meningkatkan partisipasi siswa, memperkuat pemahaman konsep, serta memberikan dampak posistif terhadap hasil belajar. tinjauan literatur ini mendukung bahwa kombinasi kedua pendekatan tersebut merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, serta perlu direkomendasikan untuk guru agar diterapkan dalam proses pembelajaran yang berlandasan konteks budaya dan kolaboratif.