Systematic Literature Review: Permasalahan Matematika pada Materi Lingkaran

Authors

  • Alif Novembriyansyah Universitas PGRI Silampari
  • Viktor Pandra Universitas PGRI Silampari
  • Anna Fauziah Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Permasalahan Matematika, Lingkaran, Systematic Literature Review, Soal Open-Ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam pemecahan masalah matematika pada materi lingkaran melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Studi ini mengumpulkan, menyeleksi, dan menganalisis sebelas artikel ilmiah yang relevan untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai permasalahan matematika siswa serta strategi pembelajaran yang digunakan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa permasalahan utama pada materi lingkaran meliputi kesulitan memahami konsep dasar lingkaran seperti jari-jari, diameter, keliling, busur, tali busur, tembereng dan luas lingkaran; kesalahan dalam penerapan rumus dan prosedur perhitungan; serta kesulitan menafsirkan soal, terutama soal terbuka yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi. Selain itu, siswa juga mengalami kesulitan mengaitkan konsep matematika dengan representasi simbolik dan visual serta mengaplikasikannya dalam konteks nyata. Faktor penyebabnya antara lain; siswa belum memahami konsep lingkaran serta bagian daerah lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur karena banyaknya perbedaan rumus yang digunakan, hal ini membuat siswa binggung saat mengerjakan soal. Kesimpulan kajian ini memberikan rekomendasi strategis bagi guru dan praktisi pendidikan agar lebih menekankan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, khususnya materi lingkaran, guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa secara signifikan.

Downloads

Published

2025-07-16