Systematic Literature Review : Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Datar SMP
Keywords:
Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indoneia (PMRI), Pemahaman Konsep, Bangun Datar, System Literature Review (SLR)Abstract
Pendekatan PMRI digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep. pemahaman konsep adalah suatu hal yang penting pada proses kegiatan belajar matematika karena kemampuan memahami konsep sendiri berperan dalam pembelajaran, apalagi pemahaman merupakan keterampilan dasar yang mesti diperoleh siswa ketika mempelajari konsep matematika tingkat langjut. Tujuan dari mereview artikel ini untuk mengetahui bahwa pentingnya menerapkan pendekatan PMRI untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan yaitu System Literature Review (SLR) untuk menentukan, memeriksa, menilai, dan meringkas semua penelitian yang dapat di akses tentang materi pelajaran yang menarik dengan pertanyaan penelitian spesifik tertentu. Metode System Literature Review (SLR) ini memiliki beberapa tahapan , yaitu Research Question, Selection Criteria, Search Strategy, Select Studies, The Quality Of Studies, dan Synthesis Result. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI ini berdampak positif dengan peningkatan minat belajar, partisipasi aktif siswa, berpikir kritis, analitis, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang barkaitan dengan kontekstual. Pendekatan PMRI dikatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan pendekatan PMRI tebukti mengubah peningkatan pemahaman siswa yang sebelumnya rendah menjadi meningkat dan lebih baik.