Pengembangan Soal Pemecahan Masalah dengan Konteks Es Kopi Gula Aren untuk Siswa
Keywords:
Design Research, Pemecahan Masalah, Es Kopi Gula ArenAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki siswa abad 21. Namun, berbagai hasil studi menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah di kalangan siswa SMP. Oleh karena itu, pengembangan soal pemecahan masalah kontekstual menjadi penting untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi. Konteks es kopi gula aren dipilih karena dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa dan mampu meningkatkan minat serta keterlibatan mereka dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal pemecahan masalah yang memiliki tingkat validitas dan kepraktisan tinggi dengan mengangkat tema es kopi gula aren sebagai konteks. Fokus studi ini adalah pada siswa kelas VIII di SMP Islam Terapan Prof. Muhajirin Palembang. Metodologi yang digunakan berupa design research dengan pendekatan development studies, yang mencakup dua tahap utama, yakni studi pendahuluan dan evaluasi formatif. Instrumen yang dirancang meliputi sejumlah soal pemecahan masalah, kisi-kisi, kartu soal, serta rubrik penilaian. Aspek validitas dianalisis melalui tinjauan ahli yang mencakup konten, struktur soal, dan kebahasaan, serta ditinjau melalui umpan balik dari uji coba one-to-one. Sementara itu, kepraktisan dievaluasi melalui angket yang disebarkan saat uji coba kelompok kecil. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa soal-soal tersebut sangat valid, dan data dari angket kepraktisan menunjukkan bahwa soal mudah dipahami dan dapat digunakan secara efektif dalam proses belajar. Oleh karena itu, soal pemecahan masalah dengan latar es kopi gula aren dianggap layak digunakan sebagai inovasi pembelajaran matematika di tingkat SMP.