Systematic Literatur Review: Penggunaan LKPD Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Budaya Lokal

Authors

  • Leviyana Universitas PGRI Silampari
  • Nur Fitriyana Universitas PGRI Silampari
  • As Elly Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Systematic Literatur Review, LKPD, PMRI

Abstract

Pendidikan matematika memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran matematika masih menghadapi tantangan seperti kurangnya keterlibatan siswa akibat pendekatan yang terlalu abstrak dan tidak kontekstual. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) hadir sebagai solusi inovatif dengan mengaitkan konsep matematika pada konteks nyata. Untuk mendukung implementasi PMRI secara optimal, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis budaya lokal menjadi media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) Penerapan ini bertujuan untuk menelaah 12 artikel yang relevan sehingga terpilih tahun 2016–2025 yang relevan mengenai penggunaan LKPD berbasis PMRI dalam pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam LKPD terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep serta hasil belajar siswa di berbagai jenjang. LKPD ini menjembatani materi abstrak dengan pengalaman konkret, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, kontekstual, dan relevan.

Downloads

Published

2025-07-16