Lintasan Belajar Tentang Sistem Persamaan Linier dengan Pendekatan Etnomatematika Menggunakan Outdoor Balinese Desa Panglipuran
Keywords:
Etnomatematika, Sistem Persamaan Linier, Lintasan Belajar, Design Research, Outdoor LearningAbstract
Penelitian ini mengatasi masalah matematika yang dianggap abstrak dengan mengembangkan lintasan belajar sistem persamaan linier (SPL) melalui pendekatan etnomatematika. Menggunakan metode design research pada 30 siswa kelas X, pembelajaran dilaksanakan di lingkungan outdoor Desa Panglipuran, Bali, untuk mengaitkan materi dengan konteks budaya yang nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan pemodelan SPL siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan, berhasil mengubah SPL dari konsep abstrak menjadi alat yang relevan untuk memahami lingkungan budaya mereka.