Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Math City Map Menggunakan Konteks pada Materi Geometri

Authors

  • Sindy Anjelina Universitas PGRI Silampari
  • Drajat Friansah Universitas PGRI Silampari
  • Yufitri Yanto Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Math City Map, Geometri, Konteks, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari literature review ini adalah untuk melakukan tinjauan atau kajian mengenai artikel yang membahas tentang penggunaan media pembelajaran Math City Map menggunakan konteks terkhusus pada materi geometri. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu Research Question, Selection Criteria, Search Strategy, Select Studies, The Quality of Studies dan Synthesis Result. Sumber artikel diperoleh dari basis data Google Scholar, dengan rentang publikasi tahun 2021 sampai dengan 2025. Penelusuran awal didapat 100 artikel, setelah dilakukan penyaringan diperoleh 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan relevan dengan topik kajian. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa Math City Map sangat potensial sebagai media pembelajaran geometri yang kontekstual dan interaktif. Konteks yang paling banyak digunakan adalah konteks wisata, dengan materi geometri bidang. Terdapat banyak benda di lingkungan nyata yang dapat dijadikan sebagai konteks pembelajaran geometri. Penerapannya tidak hanya memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep geometri, tetapi juga menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui eksplorasi lingkungan. Oleh karena itu, Math City Map sangat direkomendasikan sebagai media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2025-07-16