ANALISIS PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SEDERHANA "MENGENAL BENDERA NEGARA", BERBASIS UML
Keywords:
Aplikasi, UML, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pembelajaran sederhana berbasis Unified Modeling Language (UML) yang dapat membantu anak-anak mengenal berbagai bendera negara di dunia dengan cara yang menarik dan interaktif. Di era digital saat ini, penggunaan teknologi sebagai media pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat belajar, terutama melalui pendekatan yang memanfaatkan elemen gamifikasi dan multimedia. UML dipilih sebagai metode utama dalam perancangan karena kemampuannya untuk memberikan visualisasi sistem yang jelas, terstruktur, dan mudah dipahami oleh pengembang. Aplikasi ini dirancang tidak hanya untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi juga untuk mendukung perkembangan pengetahuan geografi anak secara efektif. Proses perancangan aplikasi melibatkan pengembangan prototipe yang memetakan interaksi pengguna dengan sistem. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe aplikasi yang mengintegrasikan elemen permainan edukatif dengan animasi interaktif, yang dirancang untuk menarik perhatian anak-anak