ANALISIS PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SEDERHANA "MENGENAL BENDERA NEGARA", BERBASIS UML

Authors

  • Regita Dwi Sari universitas PGRI silampari
  • Muhamad Fadli Universitas PGRI Silampari
  • Seftia Nadilah Cahya Winda Saputri Universitas PGRI Silampari
  • Mellisa Suryani Universitas PGRI Silampari
  • Abdiansyah Universitas PGRI Silampari
  • Fikri Al Falah Putra Universitas PGRI Silampari

Keywords:

Aplikasi, UML, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pembelajaran sederhana berbasis Unified Modeling Language (UML) yang dapat membantu anak-anak mengenal berbagai bendera negara di dunia dengan cara yang menarik dan interaktif. Di era digital saat ini, penggunaan teknologi sebagai media pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat belajar, terutama melalui pendekatan yang memanfaatkan elemen gamifikasi dan multimedia. UML dipilih sebagai metode utama dalam perancangan karena kemampuannya untuk memberikan visualisasi sistem yang jelas, terstruktur, dan mudah dipahami oleh pengembang. Aplikasi ini dirancang tidak hanya untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi juga untuk mendukung perkembangan pengetahuan geografi anak secara efektif. Proses perancangan aplikasi melibatkan pengembangan prototipe yang memetakan interaksi pengguna dengan sistem. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototipe aplikasi yang mengintegrasikan elemen permainan edukatif dengan animasi interaktif, yang dirancang untuk menarik perhatian anak-anak

Downloads

Published

2025-08-17