ANALISIS PENILAIAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMAN 1 SELESAI MENGENAI SUHU DAN KALOR
DOI:
https://doi.org/10.62112/sjpif.v7i1.273Keywords:
Assesment, Instrument test, Validity test, Conceptual, KnowledgeAbstract
Asesmen berperan penting dalam pembelajaran asesmen membantu siswa mengevaluasi keberhasilan belajar dan membantu guru mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan atau berhasil memahami materi. Dengan instrumen asesmen yang tepat, penyebab kesulitan siswa dapat lebih mudah diidentifikasi dan diatasi. ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 SELESAI yang beralamat di Jl. Binjai selayang, selesai, langkat, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan bulan Mei tahun 2025. Variabel dalam penelitian ini adalah analisis cohen caffa, validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran butir soal. Jumlah populasi dalam penelitian ini 20 siswa kelas XI MIPA 4 dan 1 Validator Dosen , 1 Validator Guru. Data penelitian berupa data lembar instrumen pilihan berganda dengan materi Suhu dan kalor. mengukur pemahaman konsep siswa SMA kelas XI didapatkan hasil uji validitas yaitu sebanyak 80% butir soal yang dinyatakan valid dan 20% butir soal yang dinyatakan tidak valid.Hasil uji realibilitas dinyatakan dengan kategori sedang yang dapat dilihat pada nilai Cronbach alpha dalam perhitungan reliabilitas sebesar 0,643.Instrument yang dibuat untuk mengukur pemahaman konsep siswa SMA kelas XI memiliki indeks daya beda dengan presentase sebesar 10% untuk soal dengan kualitas rendah, 50% dengan kualitas baik, dan 40% dengan kualitas baik sekali. Pada instrument memiliki tingkat kesukaran soal lebih cenderung 90% tingkat soal kategori sedang yang berarti soal-soal dengan tersebut dinyatakan layak dan dapat disimpan ke bank soal.
References
Amin, A., & Yuneti, A. (2024). Efektıvıtas E-Modul Relatıvıtas Khusus Berbasıs Saıntıfık Untuk Mengukur Mınat Belajar Mahasıswa Pendıdıkan Fısıka. Sılamparı Jurnal Pendıdıkan Ilmu Fısıka, 6(2), 292-302.
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA berbasis Kontekstual pada Materi Suhu dan Kalor (Development of Contextual-based High School Physics Teaching Materials on Temperature and Heat Material). Jurnal Pembelajaran Sains VOLUME, 3(1), 29–34.
Handayani, P. P. T. (2023). Pengembangan Medıa Pembelajaran Interaktıf Power Poınt Berbasıs Problem Based Learnıng Pada Materı Suhu Dan Kalor. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 5(1), 110-119.
Kusairi, S. (2013). Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(0), 68–87. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1106
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nawahdani, A. M., Triani, E., Azzahra, M. Z., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41986
Nugroho, S. A., Nasir, M., & Islami, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Case Based Learnıng Berbantuan Smokeless Incınerator Untuk Menıngkatkan Kemampuan Berpıkır Krıtıs Sıswa Pada Materı Suhu, Kalor, Dan Pemuaıan. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 6(1), 98-111.
Radja, S. P., Bano, V. O., & Ina, A. T. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Tingkat Kesukaran, Daya Beda Dan Efektivitas Pengecoh Di Sman 1 Pandawai. Jurnal Edusavana, 1(1), 30–41.
Roisatun Nisa’, & Nailil Faroh. (2022). Analisis Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Universitas Qomaruddin Ditinjau dari TPACK. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.2692
Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11445
Yuliasih, F., & Sarwi, S. (2020). Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Fannie. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 320–330. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/45876%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/45876/18617